Pantai Sipelot, Surga Tersembunyi Di Ujung Timur Malang

Malang memang menyimpan banyak sekali potensi alam yang begitu indah, terutama pantai-pantainya yang cantik.

Jika anda mencari wisata pantai di Malang yang suasananya masih alami dan asri, maka anda bisa mencoba mengunjungi Pantai Sipelot.

Pantai cantik ini menyimpan keindahan tersembunyi diantara bukit-bukit kapurnya.

Meskipun lokasinya dekat dengan pantai-pantai terkenal seperti banyu anjlok dan Lenggoksono, namun sayangnya masih belum banyak yang mengetahui keindahan Pantai Sipelot ini.

Pantai sipelot ini memiliki garis pantai yang cukup panjang dengan pasir putih serta garis pantainya yang membentu seperti bulan sabit.

Karenanya pantai Sipelot ini memang lebih cocok disebut sebagai kawasan Teluk menurut pendapat sebagian besar orang

Lokasi Wisata Pantai Sipelot

Pantai Sipelot atau yang juga dikenal sebagai Pantai Pujiharjo ini berada di Desa Pujiharjo, Kec. Tirtoyudo, Kb. Malang.

Jika anda menggunakan kendaraan, anda bisa mengarahkan kendaraan anda menuju Gadang-Bululawsang-Turen-Dampit-Tirtoyudo, setelah itu anda akan menemukan pertigaan dan belok ke arah kanan menuju Desa Pujiharjo dan lokasi pantai Sipelot.

Untuk rute menuju pantai Sipelot ini memang menempuh jarak yang cukup jauh dari pusat Kota Malang.

Namun sesampainya anda di lokasi wisata, anda akan disajikan dengan pemandangan jurang, tebing, perkebunan pisang, kopi, dan tambak udang.

Saat ini belum ada kendaraan umum yang menuju Pantai Sipelot. Sehingga akan lebih baik jika menggunakan kendaraan pribadi. Untuk tiket masuk wisata ini, hanya dibebankan biaya karcis Rp 3.000 saja.

Keindahan Pantai Sipelot

Meskipun pantai Sipelot ini tidak sebegitu populer dibandingkan dengan Balekambang, 3 Warna, Ngliyep, maupun pantai lainnya yang ada di Malang.

Namun keindahan dan pesona alam yang ada di Pantai ini tidak bisa terbantahkan.

Hamparan pasir pantai cokelatnya yang membentang sejauh 2 km ini terbagi menjadi 3 area. Biasanya yang dijadikan sebagai tempat wisata adalah bagian kanan dan kiri pantai, sedangkan di bagian tengahnya sering digunakan sebagai tempat untuk perahu-perahu nelayan yang berlabuh.

Deburan ombak datang silih berganti membuat mata semakin dimajakan, meskipun deburan memang cukup ganas.

Namun tak jarang ombak di pantai ini dapat tenang dan terkendali. Hal ini dikarenakan lokasi pantai ini berada diteluk yang sebelah kanan dan kirinya adalah cerukan dataran yang dapat melindungi ganasnya deburan ombak dari pantai selatan.

Akan tetapi akan lebih aman jika pengunjung menghindari bermain di lautan lepas ini karena ombak yang ganas ini dapat datang tiba-tiba.

Keindahan Air Terjun Sipelot

Meskipun pengunjung tidak dapat bermain air bebas di sekitaran kawasan pantai Sipelot, akan tetapi pantai ini memiliki pesona alam yang tidak boleh terlewatkan, yaitu adanya air terjun Sipelot yang berada di bagian barat pantai dengan ketinggiannya yang mencapai 10 meter.

Aliran air terjun ini berasal dari balik bukit hijau yang terlihat segar dan sejuk. Jangan sampai anda melewatkan ke Coban Sipelot ini ketika anda sedang berada di Pantai Sipelot.

Untuk mencapai coba Sipelot, anda bisa berjalan kaki dan menyusuri jalanan setapak menuju bukit bagian barat.

Namun jika anda memiliki budget lebih, anda bisa menyebrangi teluk dengan menggunakan perahu-perahu nelayan dengan tarif mulai dari 25 ribu hingga 50 ribu rupiah.

Salah satu pesona keindahan yang tidka boleh terlewatkan saat berada di Pantai Sipelot ini adalah keindahan dari pemandangan sunrisenya yang begitu mempesona.

Sinar matahari pagi yang cerah, deru angin pantai, ombak pantai yang saling menyusul serta dilengkapi pemandangan gugusan karang dan bukit hijau menjadi perpaduan yang paling sempurna.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *