Jernihnya Spot Snorkeling Di Mata Air Sumber Sirah Gondanglegi Malang

Berlibur di Malang, anda tak hanya akan menemukan 1-2 wisata alam yang indah saja, namun anda bisa menemukan banyak sekali wisata-wisata menarik yang sangat sayang jika dilewatkan.

Jika anda ingin menemukan wisata sumber air yang masih terjaga kealamiannya, maka anda bisa mengunjungi wisata sumber sirah.

Tak hanya dapat digunakan untuk bermain air saja, namun wisata ini menawarkan spot snorkeling dengan mata air yang begitu jernih.

Sumber sirah merupakan mata air yang mana membentuk kolam atau telaga yang dibatasi dengan beton-beton. Di bagian dasar kolam, anda bisa menemukan banyak sekali tanaman hijau yang bentuknya mirip dengan ganggang laut.

Padahal tanaman-tanaman ini adalah rumput air tawar, sejenis dengan hydrilla. Selain itu pengunjung juga bisa menemukan populasi ikan-ikan kecil, batu-batuan dan pasir hitam di bagian dasarnya.

Karena kedalamannya hanya mencapai 0,8-1,5 meter saja, maka banyak pengunjung yang lompat-lompatan dari atas.

Akses Menuju Lokasi Wisata

Wisata ini berada di Jl. Sunan Gunung Jati, Putukrejo, Gondanglegi, Malang. Untuk akses menuju lokasi wisata memang tidak begitu sulit. Anda membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari Kota Malang dan dapat anda jangkau menggunakan sepeda motor.

Sesampainya di lokasi wisata, pengunjung yang datang dapat menikmati keindahan dari mata air yang begitu segar dan jernih.

Untuk biaya masuknya sendiri, pengunjung hanya dibebankan biaya Rp 3.000 saja untuk penyewaan ban besar dan Rp 2.000 untuk penyewaan ban anak-anak. Tidak ada biaya untuk tiket masuk ke wisata Sumber Sirah. Sumber Sirah ini buka mulai dari jam 7 pagi hingga petang.

Aktivitas Yang Dilakukan Di Wisata Sumber Sirah

Mata air ini berada di bagian Malang Selatan dikelilingi oleh hutan yang masih sangat asri dan alami.

Selain itu, anda juga bisa menemukan perkebunan kelapa dan tebu yang menjadi ciri khas di daerah ini. Bentangan sawah dan perbukitan menjadi pelengkap dari pemandangan yang mempesona dari Sumber Sirah.

Karena mata airnya yang begitu jernih, banyak orang yang datang untuk duduk santai hingga menyelam di waduk Sumber Sirah ini.

Salah satu kegiatan yang paling direkomendasikan di tempat ini adalah snorkeling untuk menikmati pemandangan di bawah waduk.

Jika anda tidak membawa peralatan snorkeling, anda bisa menyewanya di beberapa rumah penduudk desa yang memang menawarkan perlengkapan snorkeling sederhana.

Selain snorkeling, pengunjung juga dapat menyewa tub atau ban yang dapat digunakan untuk mengikuti aliran sungai atau yang dikenal dengan river tubbing.

Wisata ini cuup unggulan di Sumber Sirah yang bisa anda nikmati hanya dengan menyewa ban sekitar Rp 5.000 untuk 1 jam pemakaian.

Panjang lintasan ini sungai yang dapat ditempuh hingga 100 meter. Meskipun rutenya tidak begitu panjang, namun tidak mengurangi keseruan untuk menikmati ayunan air sungai.

Fasilitas Di Wisata Sumber Sirah

Saat berkunjung ke Wisata Sumber Sirah, anda tak perlu khawatir dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia.

Fasilitas di sumber sirah pun juga cukup lengkap mulai dari area parkir, warung makan, kamar mandi, toilet, kios yang menyewakan alat-alat berenang. Untuk biaya parkir wisata sumber sirah yaitu Rp 2.000 untuk motor dan Ro 5.000 untuk parkir mobil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *